Strategi Pemasaran dengan Menggunakan BlackBerry

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Siapa yang tidak kenal handphone Blackberry? Setiap kali jalan tuh ya kadang-kadang kita ngeliat orang sibuk ketak-ketik sana sini dan kayaknya ya gitu, menyenangkan memang, bicara dan chatting ria dan segalanya jadi lebih mudah, but sometimes bikin kita jengkel juga kalau kita melihat orang yang gara-gara main Blackberry tiba-tiba nabrak apa gitu gara-gara matanya kayaknya dah ga bisa lepas dari Blackberry dan tangannya udah kayak kejahit permanen gitu di handphone tersebut.

Blackberry memang bisa dikatakan sangat popular dan membuat orang gak bisa lepas gitu, choy..sekedar cerita nih, saya pernah lagi di lift sama satu teman saya, terus tiba-tiba masuk satu teman saya lainnya, eh yang ada dia bukannya nyadar kita satu lift malah asyik pencat-pencet Blackberry dan akhirnya saya iseng bilang “asyik bener main Blackberry nya”, sontak teman saya langsung kaget dan akhirnya dia baru sadar kalau dia satu lift dengan saya. Duileh…lucu tapi itulah kenyataannya ya.

Nah, tapi di tengah segala cerita tentang Blackberry, ada juga hal menarik yang bisa memanfaatkan Blackberry selain sekedar hahahihi dan ber chatting ria, yaitu untuk memasarkan produk dan jasa kita. Nah, salah satunya dengan cara memanfaatkan fasilitas Broadcast Message yang ada di Blackberry messenger.

Cara menggunakan fasilitas Broadcast messenger juga bisa dikatakan sangat mudah, hanya dengan membuka menu Blackberry messenger, menekan tombol symbol blackberry, menekan menu new broadcast message, mengetik pesan Anda yang dimaksudkan menjual produk atau jasa Anda, dan juga tinggal mengirimkannya ke semua contact person Anda. Cara yang mudah, bukan?

Selain itu, ada lagi cara yang bisa Anda gunakan, yaitu dengan memasang dagangan Anda di profile picture dengan tampilan yang menarik sehingga orang tertarik untuk bertanya. Nah, orang tersebut akan Anda giring untuk pada akhirnya membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Nah, memang memasarkan lewat Blackberry messenger sangat mudah, dan bisa dikatakan bisa menghasilkan income yang banyak. Namun, ada yang perlu diperhatikan di dalam memasarkan produk dan jasa melalui Blackberry messenger, yaitu :

Bahasa dan profile picture yang Anda gunakan dalam berdagang harus menarik

Jangan menggunakan bahasa yang terlalu serius, karena biasanya orang akan memberikan respon yang cepat jika Anda mengirim pesan dagang dalam bahasa yang menarik dan mengundang orang untuk bertanya. Anda bisa menjual paket hotel, paket restoran, atau bahkan baju dan asesoris dengan bahasa yang menarik sehingga memancing hasrat orang untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa yang Anda pasarkan. Selain itu, profile picture serta penamaan juga berperan di dalam menjual barang atau jasa. Misalnya, Anda menjual baju, nama Anda Vani dan nama toko Anda Varina Shop, jadi Anda bisa menulis Vani – Varina Shop dan pasanglah produk baju Anda di profile picture blackberry messenger Anda.

Perbanyak contact person di dalam blackberry Anda

Contact person yang banyak akan membantu Anda dalam memasarkan produk atau jasa Anda. Karena ketika Anda mengirimkannya ke semua contact person Anda, beberapa dari teman Anda biasanya akan membantu mengirimkannya kembali kepada teman-teman lainnya dan dengan begitu, peluang Anda untuk mendapatkan klien akan semakin besar.

Selalu mengingat apa saja penawaran yang sudah dikirim via blackberry

Setiap penawaran yang sudah Anda kirimkan via blackberry messenger, jangan pernah lupa untuk mengingat masing-masing dari penawaran tersebut. Anda harus rajin untuk mengingatnya sehingga Anda tidak bingung ketika calon klien menghubungi Anda untuk menanyakan produk atau jasa yang Anda jual melalui blackberry messenger.

Nah, memasarkan dengan blackberry tidak sulit kan? So, bersiaplah meraih keuntungan..happy selling!

 

(Fanya Jodie/AA/TML)