HSBC Sebagai “Most Valuable Banking Brand”

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – HSBC, sebagai bank Eropa terbesar berdasarkan market value telah dinobatkan sebagai world’s most valuable banking brand dalam daftar ‘Top 500 Financial Brand’ oleh majalah The Bankers.

HSBC juga merupakan satu-satunya bank yang meraih nilai triple ‘A’ – merupakan nilai tertinggi dalam survei yang dilakukan. Pengumuman ini merupakan kelanjutan dari survei intrabrand terhadap the world’s most valuable brand yang dilakukan kepada merek-merek dagang di semua sektor, di mana HSBC lompat 5 peringkat menduduki peringkat ke-23. Hal ini merupakan peningkatan ke-dua tertinggi dari 40 perusahaan yang disurvei.

Chris Clark, Head of Group Marketing HSBC mengatakan: “Hanya dalam jangka waktu 10 tahun, brand HSBC telah menjadi berkembang menjadi aset yang sangat kuat dan hal ini juga turut menentukan fokus kami terhadap pasar berkembang. Para customer kami yang berasal dari berbagai sektor bisnis akan semakin membutuhkan solusi serta pelayanan bisnis yang berdimensi internasional, dan dalam hal ini kami memiliki posisi serta kualifikasi yang sangat tepat untuk membantu mereka, seiring dengan semakin kuatnya posisi tawar dari brand kami.”

Clark melanjutkan: “Salah satu contoh yang baik dalam hal ini adalah dengan peluncuran HSBC Premier pada bulan September lalu. Ini merupakan ilustrasi yang sangat baik yang mengambarkan brand dalam bentuk yang lebih nyata (brand in action). Para nasabah Premier kini dapat membuka rekening di 37 negara di dunia dan kami dapat melayani mereka di manapun mereka berada dengan menggunakan jaringan kantor cabang dan para relationship manager kami.”

Brian Caplen, Editor of The Banker mengatakan: “Dunia perbankan saat ini semakin menyadari akan pentingnya nilai dari brand mereka dan bagaimana merek ini akan menentukan apa yang mereka kerjakan di semua sektor bisnis di berbagai tempat. Majalah The Bankers bersama-sama dengan Brand Finance telah menyusun sebuah daftar yang spesifik berdasarkan nilai brand (brand values), dan kami mengucapkan selamat kepada HSBC yang berhasil menduduki peringat teratas dalam daftar kali ini.”

Pada tahun ini majalah The Banker memberi perhatian khusus terhadap kebangkitan perbankan Cina sebagai pemain penting dalam kancah perdagangan international. Saat ini setidaknya ada 3 bank yang berada posisi 25 teratas dalam daftar yang dibuat. Hal ini kembali mengilustrasikan betapa pentingnya Cina dalam ekonomi global.

Demikianlah semoga perjuangan yang telah dilakukan oleh HSBC sampai ia meraih posisi sebagai perbankan dengan nilai yang terbaik bisa menjadi teladan bagi bisnis kita semua.

 

 

(Permata Wulandari/AA/TML)