Media Sebagai Sarana Pemasaran Yang Baik

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Banyak cara untuk memasarkan produk atau jasa yang kita hasilkan. Salah satu cara pemasaran yang baik pada saat ini adalah melalui media. Media memang merupakan sarana yang efektif dalam memasarkan produk atau jasa yang kita hasilkan.

Berikut ini adalah strategi yang tepat untuk memilih media yang sebagai sarana pemasaran yang baik:

Pilihlah media yang telah memiliki reputasi baik di masyarakat

Terkadang kita asal memilih media untuk mempromosikan produk atau jasa yang kita hasilkan. Tetapi pada prinsipnya, seharusnya kita memilih media yang memiliki reputasi yang baik, bukan yang reputasinya terkenal buruk di masyarakat.

Media yang memiliki reputasi yang baik di masyarakat adalah media yang namanya sudah dikenal, memiliki segmen pembaca kelas menengah keatas, dan di dalam isinya tidak pernah menyinggung masalah SARA ataupun hal-hal yang berbau pornografi.

Anda juga harus berhati-hati terhadap modus penipuan yang berkedok seorang wartawan yang ingin meliput atau mempromosikan produk atau jasa Anda di medianya. Terkadang orang mengaku sebagai wartawan tetapi selalu meminta uang secara terus-menerus sebagai alasan uang transportasi, uang untuk membayar biaya peliputan, dan sebagainya dalam jumlah yang besar. Hal tersebut patut diwaspadai karena wartawan yang sebenarnya biasanya tidak memungut biaya apapun dari kita. Karena itu, jika ada orang yang mengaku sebagai wartawan dan ingin meliput atau mempromosikan produk atau jasa Anda melalui medianya, tanyakan dengan jelas status dari wartawan serta media yang dikatakannya.

Pilihlah media yang berkaitan dengan produk atau jasa yang Anda pasarkan

Kita terkadang memang memilih media sebanyak-banyaknya untuk mempromosikan produk dan jasa kita. Tetapi utamakanlah media yang memang segmen pembacanya berkaitan dengan produk dan jasa yang kita tawarkan. Misalnya, kita menjual berbagai jenis tanaman hias, pilihlah media yang berhubungan dengan flora, karena pembaca majalah tersebut mayoritas memiliki ketertarikan dengan tanaman.

Bina hubungan yang baik dengan media

Hal ini merupakan hal yang sering diabaikan, padahal sebenarnya hal ini juga diperlukan untuk meningkatkan pemasaran kita. Dikatakan bahwa hal ini diperlukan untuk memasarkan produk dan jasa kita karena tanpa membina hubungan yang baik, maka kita bisa mendapatkan kerugian.

Dikatakan bahwa kita bisa mendapatkan kerugian karena jika kita memiliki masalah dengan media tersebut, ia bisa saja menghentikan promosi mengenai produk dan jasa kita. Bukan itu saja, media juga bisa menjatuhkan nama baik produk maupun jasa kita lewat tulisan dan kritik yang dipublikasikan olehnya.

 

 

(Fanya Jodie/AA/TML)