Emirsyah Satar – Pemimpin Pengambil Keputusan

(Managedaily – Inspiration), Emirsyah Satar, lahir di Jakarta, 28 Juni 1959, adalah seorang ekonom Indonesia. Emir lulus dari FEUI pada tahun 1985 dan mengawali kariernya sebagai auditor di kantor akuntan Pricewaterhouse Coopers pada 1983. Dia kini menjabat sebagai Direktur Utama maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia.

Menyandang predikat sebagai ‘Best of the Best CEO’ tidak membuat Emir satar menjadi lupa diri. Bahkan Emir menanamkan sebuah pengertian bahwasanya seorang CEO tak mungkin dapat memperbaiki sebuah perusahaan untuk menjadi lebih baik itu sendirian saja, Perusahaan itu pasti membutuhkan banyak orang untuk berubah.
emir satar1
Dalam sebuah kesempatan wawancara antara Vibizmedia dengan Emir , menyatakan seberapa penting posisi seorang pemimpin dalam pengambilan keputusan didalam membuat perusahaan dalam bergerak maju? Ketika pemimpin itu dapat memimpin dengan suatu rasa atau semangat/enthusiasm dan adanya juga keseimbangan juga dalam memimpin antara logika dan juga hati. Bila salah satu diantara  nya berjalan sendiri , hal itu sangat tidak bagus, dan tidak akan ada faktor keseimbangan yang baik dalam pengambilan sebuah keputusan untuk memperbaiki akan kondisi perusahaan ke arah yang lebih baik lagi.

Emir menyatakan bahwa ada juga faktor yang tidak boleh diabaikan seorang pemimpin  dalam mengambil sebuah keputusan yang penting? Yaitu bahwa seorang pemimpin dalam mengambil sebuah keputusan yang maksimal maka dia tidak boleh melupakan akan anak buahnya. seorang pemimpin harus mampu mengajak bersama anak buahnya dalam pengambilan sebuah keputusan, komunikasikan dengan baik wacana apa yang hendak diraih, sehingga mereka memahami langkah -langkah apa yang hendak kita ambil.
(Riris Juanita/IK/TML)