Siapa Target Pasar Anda?

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Memahami target pasar merupakan syarat mutlak kesuksesan dalam bisnis. Tanpa kita mengetahui dan memahami siapa yang menjadi target market kita, ini sudah merupakan tanda menuju ketidakberhasilan dalam berbisnis.

Hal pertama yang tidak bisa ditawar yang harus anda pahami ketika memulai bisnis pribadi adalah siapa target pasar anda. Anda tidak mungkin menjual mobil mewah ke komunitas menengah ke bawah, atau menjual parfum murahan ke komunitas menengah ke atas. Untuk menentukan siapa dan apa target market kita, banyak faktor yang harus kita perhatikan dengan baik , antara lain : produk / jasa apa yang kita jual, range usia target market, penghasilan ekonomis, kondisi geografis, gender , dan beberapa faktor lainnya yang menjadi bahan pertimbangan penting.

Mengapa Anda perlu memilih target pasar? Target pasar dibutuhkan supaya Anda dapat berfokus untuk melakukan penjualan, pemasaran dan layanan kepada target pasar tersebut. Semakin Anda memahami apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan target pasar, maka sukses akan semakin dekat di genggaman Anda.

Pertama-tama, pikirkan baik-baik mengenai target market yang cocok untuk ide-ide bisnis yang berseliweran di kepala Anda. Anda harus punya target market yang jelas, cari niche market bagi produk dan layanan Anda. Selanjutnya, cari tahu mengenai masalah yang mereka miliki, dan pelajari bagaimana supaya produk/layanan Anda dapat menjadi solusi permasalahan mereka ini.

Misalnya, jika target market anda adalah pelajar SMU, tentu produk yang anda jual harus sesuai dengan karakter mereka, bukan cuma di batasan umur, tapi juga kesukaan dan kebutuhan mereka. Karakter yang umum pada pelajar SMU adalah stylish. Bagaimana produk Anda dapat mencerminkan karakter ini? Itu menjadi PR bagi Anda. Kemudian jika target market anda adalah orang awam dalam bisnis internet, tentu anda menyiapkan produk yang mudah dimengerti mereka, didukung customer service yang baik, sehingga bisa terjalin hubungan jangka panjang.

Jangan lupa, meskipun Anda harus memilih target pasar, untuk dapat melayaninya dengan baik, Anda butuh dan pengalaman. Target pasar mana yang dapat Anda layani sesuai dengan kriteria tersebut?

Selanjutnya, Anda juga harus melihat prospek yang dimiliki oleh target market Anda. Bagaimana permintaan terhadap produk Anda? Apakah mereka punya kemampuan untuk membeli produk Anda? Apakah pricing yang Anda terapkan sudah sesuai dengan target market? Lalu apakah target market cukup besar, sehingga Anda dapat menjaring bisnis dari sana?

Misalnya Anda berjualan pulsa elektrik. Ketika sebagian besar orang menggunakan HP dan SIM CARD prabayar, tentunya anda akan diuntungkan. Apalagi ditambah sistem yang baik, menyebarkan sistem bisnis ini dengan cara merekrut orang lain menjadi agen anda, maka anda berpotensi menjadi pebisnis yang menghasilkan passive income. Namun Anda juga harus melihat apakah target market Anda cukup besar, dan bagaimana persaingan di lokasi Anda.

Jika Anda sudah berhasil menentukan target pasar, maka selanjutnya, gali lebih dalam lagi mengenai target pasar Anda. Ini demi kesuksesan produk dan layanan Anda di masa depan. Cari tahu mengenai diri mereka, baik secara demografi maupun psikografi. Demografi diantaranya meliputi usia, pendapatan, gender, lokasi dan sebagainya. Sementara psikografi diantaranya adalah karakteristik, preferensi, value, dan sebagainya. Dengan demikian, maka Anda dapat mempelajari target pasar secara lebih mendalam lagi.

Selanjutnya, Anda dapat menyusun strategi-strategi terbaik untuk menjaring mereka ke dalam bisnis anda. Dengan mendefinisikan target pasar dengan tepat, mengembangkan produk dan layanan yang sesuai dipadu dengan strategi pemasaran yang hebat, tentunya ini akan menjadikan bisnis Anda sukses.

 

 

(Ita Ratna/AA/TML)