Keuntungan Berpenampilan Menarik Dalam Melakukan Tindakan Pemasaran

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Penampilan adalah hal penting yang seharusnya menjadi perhatian banyak orang, terutama para marketing. Mungkin Anda bertanya, mengapa hal ini dikatakan sebagai salah bagian yang terpenting didalam kehidupan dunia marketing? Nah, jawabannya sederhana saja. yaitu Penampilan yang rapi dapat memberikan efek positif ketika kita melakukan kegiatan marketing, yaitu dapat menghidupkan situasi dan mengubah pandangan orang menjadi positif terhadap produk atau jasa yang kita pasarkan.

Namun kadangkala penampilan tidak menjadi hal yang diperhatikan atau diprioritaskan para marketing, apalagi ditengah kesibukan dan aktivitasnya yang padat. Sebenarnya, penampilan merupakan hal yang penting karena hal tersebut menyangkut kesan pertama calon pelanggan terhadap produk atau jasa yang kita pasarkan.

Hubungan antara penampilan dengan kesan pertama calon pelanggan sangat diperlukan dikarenakan :

– Penampilan yang menarik dapat merubah image seseorang menjadi lebih baik, sehingga menarik perhatian orang lain/ calon klien kita terhadap product/ jasa yang kita tawarkan

– Penampilan yang menarik juga dapat membantu kita sebagai salesperson menjadi lebih percaya diri atau bisa dikatakan menjadi lebih bersemangat bahkan memiliki ide-ide terhadap produk, jasa atau layanan yang kita pasarkan.

– Penampilan yang menarik juga dapat membuat kondisi yang ada menjadi lebih hidup dari biasanya.

Namun, penampilan yang rapi juga harus memenuhi beberapa ketentuan yang disarankan. Ketentuan tersebut antara lain :

– Dandanan seperti make up dengan warna yang harus disesuaikan sehingga tidak terlalu mencolok dan terlihat norak bagi para wanita.

– Untuk kaum pria disarankan agar wajah terlihat segar, rapi, dan berbusana yang pantas dan rapi.

– Tatanan rambut baik pria dan wanita harus selalu rapi dan disesuaikan dengan kondisi yang ada.

– Cara berpakaian harus rapi, pantang untuk memakai jas atau kemeja yang kebesaran, dan pastikan baju Anda tidak lusuh dan warna serta modelnya tidak jadul atau terlalu norak.

– Baik pria maupun wanita disarankan untuk memakai parfum supaya memberi kesegaran bagi kita sendiri atau calon klien di tempat kita berada.

– Hindari saltum (salah kostum) di tempat dimana kita melakukan tindakan pemasaran.

Penampilan merupakan hal yang penting karena itu dapat membantu kita dalam melakukan kegiatan marketing. Jadi, jangan lupakan penampilan yang rapi di dalam kegiatan atau aktivitas Anda sebagai seorang salesperson.

Happy selling!!

 

 

(Sarce BM/AA/TML)