Menjual Itu Sederhana

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Menjual itu sangat sederhana. Tetapi mengapa tidak semua orang dapat melakukannya dengan baik? Apakah karena kurang bersemangat, ataukah karena kurang dalam product knowledge ? Marilah kita melihat secara perlahan , faktor apa yang dapat membuat kita berubah pikiran bahwa memang menjual itu sederhana.

Selain teknik dan semangat yang tak kalah pentingnya adalah sikap/attitude. Tapi jangan menganggap teknik tidak penting. Teknik tetap penting tapi bukan yang paling utama. Tanpa sikap yang benar anda tidak akan dapat memunculkan semua keahlian anda. Tanpa sikap yang baik anda tidak akan dapat mencapai keberhasilan ”yang sebenarnya” dalam hidup, termasuk dalam hal penjualan.  Lebih mudah memotivasi dan mengajarkan kembali orang yang punya mental positif dari pada mengajarkan sikap mental yang baik kepada orang yang punya motivasi dan pandai.

Hal paling susah adalah menjaga, memelihara sikap untuk terus positif. Mungkin mudah pada saat anda mengalami hal hal bahagia dalam hidup anda, tetapi pada saat kita mengalami banyak masalah sangat sukar untuk menjaga sikap kita. Apalagi saat anda harus ditolak ataupun dipersulit waktu anda sedang berjuang untuk mendapatkan penjualan anda yang sangat anda inginkan. Pada waktu anda mencoba membuat janji beberapa kali dan tetap tidak berhasil. Menjaga sikap menuntut kita untuk tetap berusaha yang terbaik dalam setiap kontak yang kita lakukan, setiap presentasi, negosiasi dan komunikasi yang kita lakukan. Bahkan pada saat kita berhasil menjual.

Sikap bukanlah tanggung jawab siapa siapa tetapi merupakan tanggung jawab anda sendiri. Anda yang bertanggung jawab terhadap hasil yang anda capai. Seperti misalnya anda memilih tersenyum pada saat anda sebenarnya beberapa kali gagal. Seperti halnya anda tetap berjabat tangan dengan erat dan hangat pada saat anda ditolak. Atau anda tetap meninggalkan ruangan itu dengan kepala dan badan tegak meskipun anda belum mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Jika anda ingin berhasil sebagai seorang sales anda harus sadar bahwa keberhasilan anda tidak ditentukan oleh satu atau dua transaksi yang anda dapatkan hari ini, tetapi juga bagaimana anda bersikap positif dan menghargai pelanggan anda yang hari ini telah menolak anda. Jadi keberhasilan kita sebagai seorang sales ditentukan oleh keberhasilan kita menjual dalam jangka waktu yang panjang, dan itu hanya bisa kita raih apabila mempunya sikap yang baik dan benar.

Sudah jelas bahwa yang menentukan kita sukses dalam menjual, bukan besar kecilnya kita dapat menjual, namun sikap positif dan semangat yang ada dalam hati kita untuk menawarkan kepada orang lain. Bukankah sederhana, sikap yang harus ada pada seorang penjual. Pola pikir yang positif dapat membuat kita sukes dalam menjual.

 

 

(Ita Ratna/AA/TML)