Kekuatan Referensi dari Pelanggan

(The Manager’s lounge – Sales & Marketing) – Referensi sangat di butuhkan hampir di semua bidang, Referensi adalah sesuatu yang sering kita dengar dan sangat familiar. Yang pertama-tama tentunya dalam pekerjaan, studi, lingkungan, kehidupan sehari-hari, semua di tunjang oleh yang namanya referensi, demikian juga dalam berbisnis.

Salah satu cara terbaik untuk memperbaiki ataupun meningkatkan penjualan adalah dengan menerapkan metode referensi, di perusahaaan-perusahaan biasa di sebut sebagai referral program.

Hampir semua perusahaan yang bergerak di bidang bisnis, besar maupun kecil,  maka program ini perlu di terapkan karena memiliki pengaruh yang tidak sedikit. Apalagi persaingan bisnis yang semakin tajam dan ketat maka cara ini salah satu yang perlu segera dibangun. Mengapa berpengaruh? Dimana letak kekuatannya? Saya ingin menceritakan sedikit pengalaman saya.

Suatu kali saya membeli Blackberry dengan harga yang cukup bersaing, tetapi lokasi saya membeli bukan lokasi favorite dan kecenderungannya dikenal mahal karena biasanya orang – orang akan komentar “ah, kalau di situ mah mahal”. Tetapi pengalaman saya ini saya ceritakan ke beberapa teman, saudara dan orang-orang yang saya kenal dan karena mereka mengenal saya dan saya bisa meyakinkan mereka akan hal itu, maka dalam kurun waktu 2 sampai 3 minggu ada 4 orang yang akhirnya membeli di tempat yang saya ceritakan tersebut. Secara tidak langsung saya sudah  berhasil mempromosikan produknya dan juga tempat membelinya.

Contoh yang lain dalam kasus yang berbeda, ketika saya mengandung, saya mencoba mencari dokter yang baik, sabar, yang bisa detail dan tidak pelit informasi tentunya, dan saya memang mendapatkannya. Kemudian ada  teman dan saudara yang mengandung dan saya ceritakan tentang dokter ini, dan akhirnya memang rekan, teman atau saudara saya tersebut memilih dokter yang sama. Bahkan saya ingat ada satu teman ketemu di RS yang sama, akhirnya berganti dokter juga setelah beberapa bulan konsultasi dengan dokter yang lain. Dan ada cerita-cerita lainnya yang sederhana dan sehari hari tetapi sadar atau tidak sadar, di bayar atau tidak di bayar, kita semua bisa menjadi penjual/sales yang handal, asalkan kita berani untuk berbicara dan meyakini apa yang kita tawarkan itu bagus dan tidak kalah bersaing, tentunya tergantung apa yang akan kita promosikan entahkah itu berupa barang/produk, jasa/layanan/service, dsb. Karena itu cara ini perlu sekali untuk di kembangkan dan diterapkan secara kontinu.

Yang pasti cara ini cukup sederhana, bisa menekan biaya promosi, yang di perlukan hanya berbicara dengan persuasif sehingga yang mendengar tertarik untuk melakukan. Selamat mencoba.

 

 

(Ria Felissa/AA/TML)