4 Manfaat Utama dari Customer Relationship Management System

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Empat manfaat utama dari Customer relationship management system (CRM system) dibawah ini dapat membantu perusahaan Anda untuk merampingkan database pelanggan mereka dan membuat sebagian besar dari kontak mereka saat ini. Sebab tanpa pelanggan maka tidak ada bisnis dan CRM system dirancang untuk memungkinkan perusahaan untuk memiliki hubungan yang lebih efektif dengan klien bisnis mereka dan pelanggan. Berikut ini adalah empat manfaat atas menggunakan sistem CRM.

1.  Improve customer satisfaction / Meningkatkan kepuasan pelanggan

Manfaat utama dari Customer Relationship Management System adalah membantu tim penjualan / sales team untuk menawarkan layanan terbaik kepada pelanggan karena mereka akan dapat dengan mudah mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan pelanggan mereka. Tanpa informasi dari CRM maka pelanggan bisa mengalami kesalahan atau kekurangtepatan order yang mengakibatkan terjadinya complain. Tapi saat Anda menerapkan sistem CRM maka tim penjualan dapat mengakses informasi tentang semua pelanggan perusahaan di satu tempat dan dapat mengantisipasi dan memenuhi kebutuhan dari pelanggan.

2.  Share customer information more easily/ Berbagi informasi mengenai pelanggan dengan lebih mudah

Sistem CRM memungkinkan seluruh tim dalam perusahaan mendapatkan informasi pelanggan dengan mudah dan tepat sehingga dapat menghemat waktu. Dengan memiliki data sejarah dari pelanggan maka perusahaan dapat memberikan informasi ini ke seluruh tim penjualan. Sehingga ini akan membuat proses penjualan lebih lancar dan smooth. Kegunaan lainnya adalah bahwa informasi tersebut akan berada di satu tempat dan tidak perlu dibagi di sejumlah drive, dicetak atau di-download ke memori stick sehingga aman.

3. Increase sales by up selling and cross selling other products/ Meningkatkan penjualan dengan penjualan dan penjualan produk lainnya

Sebuah sistem Customer Relationship Management dapat merekam segala sesuatu dari saat seorang pelanggan membuat panggilan dan melakukan pembelian, Dan tim penjualan dapat menggunakan informasi ini untuk menjual produk lain atau jasa lainnya kepada pelanggan mereka, karena mereka memiliki gagasan yang jelas tentang gaya hidup / lifestyle dari pelanggan mereka dan kebiasaan membeli dari pelanggan mereka. Informasi pada sistem CRM juga akan memungkinkan staf untuk melihat histori dari tren beli pelanggan mereka serta mencari pola perilaku pelanggan mereka yang berarti Anda mengetahui kapan anda dapat menghubungi mereka pada waktu yang paling cocok.

4. Identify most profitable and unprofitable customers /Mengidentifikasi pelanggan yang paling menguntungkan dan pelanggan yang tidak menguntungkan

Penjualan dan pemasaran kepada pelanggan yang tidaktepat / tidak menguntungkan dapat memakan waktu dan menguras keuangan serta tenaga Anda. Sebuah sistem dari Customer Relationship Management ini dapat membantu tim penjualan untuk mengidentifikasi para pelanggan yang tidak membawa keuntungan apapun ke dalam perusahaan dan sebagai gantinya memungkinkan mereka untuk memfokuskan waktu mereka pada pelanggan lebih menguntungkan.

Proses ini akan membantu untuk meningkatkan retensi pelanggan kepada tim penjualan supaya tim penjualan dapat membangun hubungan yang kuat dan baik dengan pelanggan yang tepat.

Customer Relationship Management system dapat membantu untuk mengurangi biaya usaha dan meningkatkan penjualan dengan membuat proses penjualan lebih cepat, lebih jelas dan lebih efektif.

Dengan memperhatikan ke 4 hal diatas maka perusahaan Anda akan mendapatkan manfaat yang sebaik-baiknya dalam memanage atau mengelola pelanggan potensial bagi perusahaan Anda.

 

 

(Debbie Kusuma/AA/TML)