Peliharalah Pelangganmu !

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Kebanyakan perusahaan  yang berhasil , perusahaan yang  melakukan pengembangan hubungan  berkelanjutan dengan pelanggan mereka. Dalam pasar yang kompetitif saat ini, mereka menyadari bahwa pelanggan dengan loyalitasnya sangatlah penting.  Fokus kepada nasabah perusahaan dengan membangun hubungan dan mempromosikan baik retensi pelanggan dan pendapatan growth.

Alat-alat inovatif seperti Internet, ponsel, faks dan voice mail semuanya dirancang untuk meningkatkan kemampuan kita untuk berkomunikasi. Namun demikian, bahkan dengan semua alat-alat teknologi yang kita  miliki, masih banyak  jumlah pelanggan yang tidak puas  sehingga  kehilangan penjualan .

Berkomunikasi Efektif
komunikasi sangatlah penting  , salah satunya kita harus  belajar untuk “mendengarkan dengan mata
Buatlah  kesan pertama yang baik dan membangun hubungan dengan cepat dengan menggunakan bahasa tubuh terbuka. Selain tersenyum dan membuat kontak mata yang baik, Anda harus menunjukkan telapak tangan Anda, menjaga lengan tidak dilipat dan kaki Anda uncrossed. Anda dapat mengembangkan harmoni dengan  gerakan bahasa tubuh pelanggan Anda yang menunjukkan bahwa Anda setuju dengan mereka.
Kita juga harus lebih mendengarkan pelanggan kita.  Untuk mengembangkan dan mendorong percakapan, gunakan pertanyaan-pertanyaan terbuka untuk menggali kebutuhan pelanggan.
Menjaga  perhatian Anda terfokus pada apa yang pelanggan Anda katakan dan menghindari godaan untuk mengganggu, berdebat atau mendominasi pembicaraan.

Hal-hal kecil Membuat Perbedaan Besar
Memberikan kualitas layanan pelanggan merupakan sebuah tanggung jawab dan kesempatan. Seringkali tenaga penjual melihat layanan pelanggan sebagai beban administratif bagi mereka. Yang benar adalah bahwa layanan pelanggan memberikan kesempatan untuk cross-selling, dengan menjual dan menghasilkan arahan berkualitas.

Keluhan pelanggan berkaitan dengan layanan pelanggan akan ditunjukkan melalui panggilan telepon dan kegagalan untuk menepati janji dan komitmen. Penjual dapat mengaca diri  melalui mata pelangganya. Pelayanan kepada pelanggan yang sejati adalah memenuhi dan melampaui harapan pelanggan.

Lima tips pelayanan pelanggan yang baik dan kuat :

1. Memberikan janji kepada pelanggan dan harus ditepati.

2. Perhatikan hal-hal kecil. Dalam kebiasaan
menelepon, e-mail dan surat-menyurat lainnya secara
cepat dan harus selalu ada follow up.

3. Memiliki pencatatan yang baik. Luangkan waktu untuk
menuliskan catatan dari pertemuan dan membuat panggilan telepon
tertentu untuk mencatat semua informasi yang relevan. Pertahankan
catatan tertulis pelayanan. Hal ini terutama bermanfaat bila
klien dipindahkan ke seorang tenaga penjualan baru. Setup sebuah ketegangan
sistem untuk melacak kontak penting tanggal tersebut sebagai klien
review panggilan dan ulang tahun. Pertimbangkan mengirimkan pribadi
catatan atau artikel yang menarik setiap enam bulan.

4. Berikan pelanggan anda hadiah promosi.

5. Membuat evaluasi dalam bentuk form yang diisi pelanggan untuk mantau bagaimana pendapat pelanggan mengenai  kualitas dan kuantitas layanan yang Anda berikan.

Jika Anda melakukannya dengan benar, penjualan dan pelayanan kepada pelanggan, maka   Anda akan melampaui harapan pelanggan Anda!

 

 

(Ita Ratna/AA/TML)