Strategi Pemasaran Secara Gerilya

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Definisi dari pemasaran gerilya adalah melakukan kegiatan Pemasaran lebih banyak dengan menggunakan suatu strategi dan taktik Gerilya yang inovatif dan efisien. Pemasaran gerilya  merupakan  satu strategi pemasaran yang cukup sukses . Pemasaran gerilya dapat dilakukan tanpa mengeluarkan anggaran yang mahal. Dalam pemasaran gerilya yang dibutuhkan adalah suatu ide yang cemerlang untuk mempromosikan produk Anda.

Contoh  Pemasaran Gerilya
Beberapa contoh pemasaran gerilya yang sangat menarik dapat kita ditemukan diberbagai sudut jalan di kota besar dan ini benar-benar menarik. Konsep kreatif pemasaran gerilya diciptakan sebagai sistem promosi yang tidak konvensional dan hanya memerlukan anggaran promosi  yang tinggi. Kampanye ini ditargetkan pada tempat-tempat tak terduga dan berpotensi interaktif.
Pada dasarnya  iklan tersebut  dibuat sedemikian  unik dan menarik konsumen..Istilah pemasaran gerilya ini diciptakan oleh Jay Conrad Levinson, dan sejak itu telah digunakan dalam berbagai artikel  dalam  strategi pemasaran praktis. Ada banyak strategi  pemasaran  gerilya yang digunakan secara smart lebih dari promosi mahal.

Lihatlah beberapa contoh pemasaran gerilya besar disebutkan di bawah ini :

Kampanye Nikon
Menggunakan billboard berukuran besar dan bergambar  paparazzi dengan kamera Nikon berkedip-kedip memotret   orang yang berjalan di sepanjang sisi jalan.

Kampanye Discovery Channel
Iklan  billboard dimana  papan selancar dipotong sedemikian rupa, ternyata hiu telah menggigit bagian dari papan itu. Iklan ini adalah untuk promosi mereka “  Shark “  ( ikan hiu ). Ketika orang pergi untuk mengambil papan, mereka melihat iklan.

Tyskie Kampanye
Salah satu contoh pemasaran gerilya yaitu  gagang pintu yang dibuat sebagai pegangan mug bir Tyskie. Mereka mempromosikan iklan ini di restoran dan hotel yang menggunakan produk mereka.
Kampanye Audi
Dengan menggunakan  poster,  terlihat salah satu mobil Audi  diparkir di garasi. Sepertinya parkir terbuka dengan Audi diparkir, tapi itu hanya poster yang diletakkan di pintu garasi.

Kampanye Kesadaran Merokok
Ini adalah salah satu contoh terbaik dari  pemasaran gerilya, dimana di tempat sampah di trotoar jalan-jalan dicat seperti mata dan mulut  dengan   sekelilingnya ditulis  kata-kata , ” merokok menyebabkan kebutaan “.
Kampanye McDonald’s
Ini adalah suatu ide pemasaran yang kreatif  untuk promosi kopi gratis. Dibuat di  lampu jalan dengan cangkir kopi di dasar, dan sebuah stoples kopi di tempat bolam lampu. Hal ini tampak seperti toples itu sudah menuangkan kopi ke cangkir kopi McDonald’s.

Bukankah contoh-contoh  diatas  pemasaran gerilya yang luar biasa, dengan ide-ide benar-benar kreatif ? Ada lebih banyak, yang dapat Anda lihat sendiri di jalan-jalan raya  Jika  Anda menemukan sesuatu yang aneh di jalan, maka Anda dapat menganggapnya sebagai strategi pemasaran yang digunakan oleh beberapa perusahaan untuk promosi.
Dapat ditemukan di tempat umum seperti jalan, pasar, bilik telepon, kereta bawah tanah, tempat perhentian bus yaitu  di tempat yang sering dikunjungi orang-orang secara teratur. Sasaran dari  pemasaran gerilya, adalah untuk mentargetkan   area tersebut dengan  menempatkan iklan mereka, dan mempromosikan produk mereka melalui baliho atau poster sederhana. Tetapi poster ini, adalah yang paling inovatif dan menarik perhatian orang yang lewat. Motivasi dari alat pemasaran adalah untuk berhubungan dengan konsumen secara langsung  supaya mereka mengenal produk Anda.
Melalui  pemasaran gerilya ini , tujuannya  adalah untuk mendapatkan hasil maksimal.

 

 

(Debbie Kusuma/AA/TML)