Utamakan Kepuasan Pelanggan

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Setiap anda yang bergerak di bidang penjualan produk atau jasa ataupun anda hendak membuka usaha penjualan, pastilah yang ada di benak anda bagaimana cara agar penjualan produk ataupun jasa anda banyak peminatnya, bagaimana supaya penjualan anda semakin berkembang, dengan demikian penjualan anda dapat dikatakan berhasil ataupun sukses di pasaran.

 

Yang tidak dapat anda pungkiri dan yang mungkin seringkali tanpa anda sadari setiap customer ataupun pelanggan anda dapat menjadi marketing atas usaha anda, bahkan pemasaran yang dilakukan oleh custumer ataupun pelanggan anda sendiri akan lebih efektif untuk mendatangkan custumer baru untuk anda.

 

Misalkan usaha makanan, ketika anda berkunjung ke sebuah restoran.. jika anda puas dgn pelayanan restoran tersebut dan kualitas makanannya ok .. pastilah suatu saat anda akan kembali berkunjung dan anda pun akan bercerita kepada teman ataupun keluarga anda kelebihan dari restoran tersebut dan kesenangan anda untuk berkunjung dan menikmati makanan restoran tersebut.

 

Demikian pun sebaliknya, jika anda makan di sebuah rumah makan dan ternyata banyak kekurangan yang anda dapatkan dari rumah makan tersebut, pastilah anda tidak akan berkunjung kembali ke rumah makan tersebut dan mungkin tanpa anda sadari anda pun akan bercerita tentang kekurangan rumah makan tersebut. Sehingga ada kemungkinan besar teman anda yang mendengar bahkan engan untuk mencobanya.

 

So, pemasaran yang dapat dikatakan pemasaran dari mulut ke mulut ini bisa dikatakan amatlah efektif untuk mendatangkan banyak pelanggan bagi anda dan membuat penjualan yang anda lakukan semakin dikenal  banyak orang.

 

Dengan demikian, hal yang harus anda perhatikan adalah:

 

Utamakan kepuasan customer ataupun pelanggan atas produk ataupun jasa yang anda jual. Ketika customer anda puas dengan pelayananya ataupun produk Anda, maka secara tidak langsung customer anda tersebut akan mendatangkan banyak customer baru bagi anda.

 

Tetap pertahankan kualitas produk ataupun jasa yang anda jual. Dan bisa saja sesekali berikan penawaran-penawaran yang menarik atas produk anda, agar semakin dikenal banyak orang.

 

Jika ada customer yang complain, maka haruslah anda terima, meminta maaf lalu usahakan langsung mencari solusinya. Karena complain customer dapat sekaligus menjadi masukan bagi Anda untuk memperbaiki kekurangan usaha Anda.

 

 

(Dwi Fangfang/AA/TML)