Kiat Sukses Menjadi Sales

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Apa Cara Sukses Penjualan? Menjadi praktisi penjualan, sungguh berbeda 180 derajat dengan hanya menjadi akademisi penjualan. Beberapa training salesmanship dan buku-buku yang ditulis sebagai kiat penjualan tentu saja tidak dapat dilahap mentah-mentah. Benar kata pepatah, pengalaman adalah  guru yang baik. Dan teman duduk (nongkrong) yang baik tentu saja adalah buku.

KESUKSESAN ADALAH PROSES, dan KEGAGALAN ADALAH BAGIAN DARI PROSES ITU DAN BUKAN HASIL AKHIR.

Ada 10 tips  prinsip penjualan yang dapat membuat kita SUKSES, yaitu:
1. Anda menjual kepada manusia. Oleh karena itu yang dibutuhkan adalah people skill karena setiap manusia memupunyai kepribadian berbeda.
2. Anda menjual diri anda sendiri, profil anda menentukan untuk memulai sesuatu relasi. Mereka akan membeli kepada orang yang dapat mereka percaya. Dan anda tidak akan dapat menjual apabila anda sendiri tidak percaya dengan produk yang akan anda jual. Seorang sales yang baik tidak pernah menyombongkan diri tetapi sabar dan dapat menghargai orang lain
3. Seorang sales yang baik dapat melakukan pertanyaan dengan baik. Pertanyaan yang baik akan menjadi awal untuk mengetahui kebutuhan pelanggan, solusi yang dapat kita berikan dan menutup suatu transaksi. Ingat rumus sederhana : Apa, Dimana, Kapan, Yang mana, Mengapa, Siapa, Bagaimana?
4. Setiap kelebihan atau spesifikasi produk anda harus dapat dihubungkan dengan keuntungan yang dapat diperoleh calon pelanggan anda, oleh karena itu tidak perlu mengungkapkan semua secara bertele tele.
5. Kembangkan kemampuan untuk mendengarkan orang lain
6. Anda harus dapat menjelaskan dan memberikan gambaran apa saja yang dapat diperoleh mereka nantinya dengan membeli produk anda
7. Keputusan membeli bukan berdasarkan perhitungan logika tetapi perasaan yang mempengaruhi pelanggan anda sekarang. Misalnya anda menjual peralatan security, hanya akan berhasil apabila memang palanggan anda mempunyai keinginan untuk memperoleh rasa aman. Apabila belum maka harus menjalani proses yang cukup lama dan kemungkinan berhasilnya akan menurun.
8. Anda harus ditunjang oleh pengetahuan produk yang baik. Ini dapat meningkatkan kredibilitas anda dan mempercepat proses closing.
9. Anda harus berusaha membuat sesuatu yang istimewa dibanding dengan competitor anda. Baik produk maupun diri anda sendiri.
10. Jangan menjual melulu berdasarkan kepada harga. Jadikanlah solusi dan professionalitas anda sebagai sesuatu yang lebih layak untuk dihargai dengan nilai tinggi.

 

 

(Rilse Tampubolon/AA/TML)