(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Jikalau kita mendengar kata persaingan maka apa yang ada di benak kita ? Suatu situasi yang tidak mengenakkan dari dua kubu yang berbeda yang akan membawa seseorang jadi tidak nyaman dengan situasi ini.Memang hal ini tergantung dari sudut mana kita memandang , apakah kita memandang dari sudut yang positif atau negatif ? Jikalau dari sudut yang negatif maka kita akan melihatnya sebagai raksasa yang akan menelan kita , khususnya bila kita berbisnis , tetapi apabila kita melihatnya dari sisi positif maka kita akan memandangnya sebagai satu peluang bisnis yang baik.
Seperti yang kita lihat disini adalah : ITC Roxy Mas. Apa yang mereka perdagangkan saat ini ? Saat ini hampir 90 % semua toko dan kios menjual HP dari berbagai merk dan ukuran, serta berbagai macam harga . Pada awalnya tidak banyak toko Handphone disana karena ITC ini menjual produk yang beraneka ragam seperti baju , tas, dan bahan konsumtif lainnya. Tetapi dengan berkembangnya waktu maka toko2 yang tidak menjual handphone pun kalah bersaing sehingga mereka gulung tikar atau banyak yang mengalihkan dagangannya untuk menjual HP juga.
Sekarang yang menjadi pertanyaan apakah toko2 itu merasa tersaingi dengan yang lain ? Rupanya tidak, justru mereka makin senang bila ada toko baru yang menjual handphone juga. Mengapa ? Karena dengan demikian orang akan datang ke ITC Roxy Mas karena tempat ini sangat identik dengan Pusat Toko Hand Phone. Persaingan harga juga semakin kompetitif karena antara satu toko dengan toko yang lain akan menjual dengan harga yang lebih murah sekalipun hanya berbeda Rp 5000 saja . Penjual akan menciptakan penemuan-penemuan baru yang belum ada sebelumnya.
Sehingga dapat disimpulkan disini bahwa persaingan akan menciptakan :
1. kreativitas dari penjual
2. semangat untuk menjual
3. menciptakan ide-ide yang sangat kreatif
4. penjual akan berkembang artinya bahwa dia akan melihat peluang-peluang lain di tempat lain juga
5. tidak mempunyai pikiran yang sempit karena memiliki wawasan yang luas
Jadi sekali lagi persaingan jangan dilihat dari segi negatif saja tetapi lihat juga dari segi positifnya . Karena bila kita melihat sisi negatif maka kita tidak akan mencapai tujuan akhir. Demikian kiranya hal ini dapat dilihat sebagai satu yang positif dan berkembang.
(Lina Moses/AA/TML)