Langkah-Langkah Pendekatan Kepada Calon Klien

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Dalam memasarkan produk atau jasa, salah satu cara yang harus dilakukan adalah melakukan pendekatan kepada calon klien. Tanpa pendekatan kepada calon klien, maka kita akan lebih sulit untuk memasarkan produk atau jasa kita. Berikut adalah langkah-langkah pendekatan kepada calon klien yang harus kita lakukan :

Attention – perhatian, mendapatkan ketertarikan dari prospek

Kita harus mendapatkan perhatian dari calon klien kita. Usahakan agar kita bisa membuatnya mendengarkan kita, baik di dalam pembicaraan melalui telpon dan juga pembicaraan saat tatap muka. Mendapatkan ketertarikan dari prospek merupakan langkah awal kita untuk mendapatkan closing yang kita impikan. Usahakan kita memulai pembicaraan dengan kata-kata yang sopan, dan juga menjelaskan dengan sejelas-jelasnya produk atau jasa yang kita pasarkan tanpa unsur paksaan, sehingga calon klien menjadi tertarik akan produk dan jasa yang kita pasarkan.

 

Interest  –  tertarik, membangkitkan ketertarikan

Setelah produk atau jasa kita mendapatkan ketertarikan dari calon klien, tugas kita selanjutnya adalah membangkitkan rasa ketertarikan secara terus-menerus. Jelaskan sejelas-jelasnya secara persuasif produk atau jasa yang kita hasilkan, dan jelaskan juga keuntungan yang bisa didapatkan jika membeli atau mengkonsumsi produk atau jasa yang kita pasarkan. Usahakan juga membuat calon klien kita sebagai sahabat, sehingga komunikasi yang ada menjadi lebih mudah dan pembicaraan yang ada menjadi lebih enak dan terarah. Pastikan calon klien semakin tertarik dengan produk atau jasa yang kita hasilkan agar kita bisa melakukan pendekatan lebih lanjut.

 

Desire – hasrat, munculkan keinginan atau minat prospek

Setelah calon klien sudah tertarik kepada produk atau jasa yang kita hasilkan, munculkan keinginan di dalam benak calon klien untuk mengkonsumsi barang atau jasa yang kita konsumsi. Ceritakan secara jelas fasilitas atau kemudahan yang bisa didapatkan, dan tentu saja dengan bahasa yang sopan namun menarik, supaya pada akhirnya muncullah rasa penasaran dan keinginan dalam benak calon klien untuk mengkonsumsi produk atau jasa kita.

 


Action – tindakan, mendekatkan prospek pada tujuan membeli

Setelah calon klien sudah memiliki minat terhadap produk atau jasa yang kita pasarkan, dekatkan calon klien kita kepada tujuan membeli, dan jangan menyerah di dalam menawarkan produk atau jasa kita. Terus yakinkan bahwa produk atau jasa yang kita hasilkan bagus, dan yang terpenting di antara itu semua, yakinkan bahwa produk atau jasa kita aman untuk dikonsumsi dan semuanya pasti akan mendatangkan kepuasan bagi calon klien kita.

 

 

(Rutch Helena/AA/TML)