Seberapa Besar Percaya Diri Yang Dimiliki Oleh Seorang Sales?

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Beberapa waktu yang lalu seorang sales dari perusahaan asuransi menawarkan saya produk asuransi yang mereka miliki melalui telepon. Dengan penuh keyakinan dan percaya diri sang sales membeberkan semua keunggulan dari produk asuransi yang ditawarkannya tanpa memberi kesempatan untuk saya berpikir dan bertanya. Berakhir dengan agak memaksa meminta data-data saya sebagai kelengkapan dari syarat-syarat yang ada. Akhirnya saya menolak dengan alasan akan mempertimbangkannya terlebih dahulu.

Saya berpikir sales ini memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Dia sangat percaya bahwa produknya memiliki kelebihan dan setiap orang pasti akan tertarik. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi merupakan nilai tambah dari seorang sales. Percaya diri itu sendiri merupakan modal dasar yang harus dimiliki dari seorang sales. Jika seorang sales tidak memiliki rasa percaya diri, maka akan banyak kendala-kendala yang akan dihadapi.

Sebagai seorang sales maka harus memiliki keyakinan bahwa apa yang ditawarkannya merupakan hal yang dibutuhkan oleh orang lain. Seorang sales harus memiliki kepercayaan bahwa produk yang akan ditawarkan memiliki segudang keunggulan yang akan menguntungkan customer. Dia harus memiliki kemampuan untuk menonjolkan keunggulan tersebut supaya menjadi daya tarik bagi customer. Banyak sales yang tidak mempunyai pengetahuan yang cukup tentang suatu produk tapi dengan kemampuannya dan percaya diri yang tinggi dia mampu mencapai target yang telah ditetapkan, mengapa demikian?

Dengan kepercayaan diri yang dimiliki maka mampu menepis keragu-raguan yang ada. Sebab dengan keahliannya ia mempengaruhi seseorang untuk ikut percaya bahwa produk yang dimilikinya mempunyai banyak kelebihan yang bermanfaat bagi customernya.

Lihatlah iklan di televisi, sekalipun kadang tidak masuk akal tetapi kadang kita pun terpengaruh untuk mencobanya. Strategi yang dibuat untuk menonjolkan semua kelebihan yang dimiliki oleh produk tersebut. Pengiklan merasa percaya diri bahwa produknya mampu memberikan hasil maksimal padahal mungkin pada kenyataannya tidak seperti itu.

Sebab itu baik bagi seorang sales meningkatkan rasa percaya diri yang dimiliki untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Dengan rasa percaya diri yang tinggi dapat juga memiliki relasi yang luas yang nantinya akan berguna dan mendukung pekerjaaan.

Semoga bermanfaat.

 

 

(Mevy Sinambela/AA/TML)