Don't Be Afraid If You Want To Be A Salesperson!

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Selamat datang di dunia yang menghendaki  kerja keras dan siap menerima berbagai penolakan, mungkin kata-kata itu sering di jumpai oleh seorang yang baru saja akan terjun di dunia marketing.  Tetapi jangan takut,  memang seorang marketing itu harus bekerja keras karena dunia marketing adalah dunia yang penuh dengan penolakan, dan juga menuntut kita menguasai banyak hal.

Berikut ini adalah tips-tips untuk anda yang akan terjun dalam dunia marketing:

Ikutilah Seminar-Seminar dan Training-Training

Banyak sekali perusahaan-perusahaan sekarang ini yang memfasilitasi karyawannya dengan seminar dan training. Sesemangat apapun anda kalau ditolak terus menerus anda pasti akan jenuh dan bosan. Pada seminar-seminar yang diadakan, biasanya motivator-motivator atau experts akan membagikan ilmunya kepada kita bagaimana cara berjualan yang baik dan benar dan juga mereka akan membagikan tips-tips supaya  semangat kita tetap terpelihara walaupun nasabah berulang kali menolak saat kita melakukan prospek.

Dengan mengikuti training-training yang diadakan oleh perusahaan, kita akan memahami materi dan product knowledge dari perusahaan, sehingga jika ada pertanyaan dari calon prospek kita dapat menjawab dengan mantap dan menghilangkan keraguan dari mereka.

Follow Your Leaders

Maksudnya disini adalah kita mengikuti hal-hal positif yang dilakukan oleh leaders ataupun orang yang lebih sukses. Mereka punya segudang resep dalam mencapai keberhasilan, biasanya mereka akan menceritakan bagaimana ketika mereka memulai berkarir dan sampai akhirnya mereka bisa berhasil. Kita juga perlu memiliki rasa penasaran yang mendalam bagaimana mereka bisa berhasil dan kita boleh mengikuti cara kerja mereka. Dengan mengikuti cara kerja mereka niscaya kesuksesan akan menjadi milik anda.

Perluas Relasi Anda

Marketing juga menuntut kita  bisa bergaul dengan banyak orang, karena akan semakin banyak  kesempatan kita untuk memperoleh calon nasabah atau klien. Jejaring sosial seperti facebook, twitter,dll bisa menjadi sarana utk kita memperoleh teman sebanyak-banyaknya. Usahakanlah diri kita untuk bisa bergaul dan memiliki banyak teman dengan siapa saja. Jadikanlah mereka teman saja dahulu, baru nanti kalau kita sudah merasa dekat kita bisa prospek mereka untuk menjadi calon nasabah.

Berubah

Mungkin anda bukan orang yang pandai  berbicara dengan lantang kepada orang lain, atau mungkin punya rasa minder yang tinggi ketika berhadapan dengan orang yang tidak dikenal. Mulai dari sekarang anda harus berubah, tinggalkan semuanya itu dan jadilah anda yang punya rasa percaya diri yang tinggi, latihlah diri anda supaya anda bisa menjadi seseorang yang bisa berhadapan dan berkominikasi dengan siapapun.

Pengalaman bisa mewujudkan impian menjadi kenyataan, gagal dan sering ditolak akan menjadikan kita  mengenali kekuatan dan kelemahan pribadi kita sendiri.

It’s never to late to start learning..get prepared!

 

 

(Rutch Helena/AA/TML)