Self Confidence

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Seorang Marketing harus selalu memiliki self confidence yang tinggi, sehingga dia selalu dapat dengan yakin dan dengan mantap mendekati para calon customer.

Kita dengan mudah merasa percaya diri jika mengerjakan sesuatu yang benar2 kita kuasai. Tapi, setiap kali muncul tantangan baru, rasa takut bisa mengalahkan rasa percaya diri kita. Berarti, yang jadi kuncinya adalah cara mengatasi rasa takut kita.

Berikut, 3 langkah mudah meningkatkan rasa percaya diri.

1.    Perhitungkan keberhasilan Anda. Ingatkan diri Anda tentang hal-hal sulit yang berhasil Anda atasi di masa lalu. Coba ingat secara kilas balik bagaimana cara Anda mengatasi tantangan itu.

2.    LAkukan atau atasi selangkah demi selangkah. Bagi tantangan menjadi langkah-langkah mudah bisa dicapai, daripada terburu-buru menyelesaikan seluruhnya sekaligus. Dengan cara ini, rasa percaya diri akan muncul menyertai setiap langkah Anda.

3.    Lakukan pembicaraan. Sisihkan setiap pemikiran negative atau keragu-raguan ketika Anda berbicara. Lupakan ungkapan seperti,” Saya tidak yakin,” dan “Saya piker, saya bisa.” Lebih baik katakana,”Ya,pasti!” atau “ Saya tahu, saya bisa mengerjakannya” atau ungkapan yang sudah popular di tengah masyarakat,” Jangan khawatir” atau “Tenang saja!”

 

 

(Indriani Vera/AA/TML)