Memenangkan Persaingan Dengan Menonjolkan Perbedaan

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Konsumen saat ini dimanjakan. Banyak pilihan untuk memenuhi kepuasaan emosi konsumen dalam berbelanja mulai dari kebutuhan pokok, penyaluran hobi sampai pada selera makan. Banyak pilihan menguntungkan konsumen, tetapi juga merupakan tantangan bagi perusahaan.

Pertarungan yang dulu terjadi diantara perusahaan lokal berubah menjadi perang sengit global dimana setiap orang harus bersaing dengan siapapun dimanapun. Perusahaan dituntut berpikir dan melakukan segalanya secara benar dan tepat. Kesalhan sama artinya kekalahan dalam bersaing. Bila anda berbuat kesalahan, pesaing sakan merebut bisnis anda dan anda akan kesuliran meraih kembali bisnis tersebut. Perusahaan yang tidak memahami hal ini tidak akan bertahan, sudah banyak perusahaan besar dan kecil yang kini sudah tidak ada lagi.

Untuk tetap hidup dan tumbuh, anda harus memberikan alasan yang menarik bagi konsumen, alasan untuk membeli produk anda, bukan produk pesaing. Sampaikanlah alasan mengapa pesaing harus memilih produk anda. Gunakan media terbaik yang ada dipasar yang anda bidik.

Anda harus mengiklankan manfaat yang tidak ditawarkan oleh pesaing, jelaskan keunikan produk yang dimiliki. Kelebihan atau perbedaan produk anda harus kuat sehingga menarik konsumen untuk berpindah ke produk anda. Keunikan tersebut harus menciptakan nilai untuk konsumen bukan dengan kata atau promosi produk. Setiap iklan harus memberitahu pembaca maupun pemirsa kenapa mereka harus membeli dan manfaat spesifik apa yang akan mereka terima. Karena itu, pastikan anda memenuhi beberapa hal dibawah ini.

1. Konteks yang masuk akal
Jangan mengatakan sesuatu yang berlebihan tanpa alasan yang kuat.

2. Kredibilitas
Kekuatan komunikasi beriklan akan berbuah minat konsumen untuk membeli.

3. Selaras
Setiap aspek, dari harga.kemasan hingga iklan harus merefleksikan dan menekan kualitas yang menonjolkan keunggulan dan perbedaan produk.

4. Komunikasikan perbedaan anda
Anda harus menunjukan kepada konsumen setiap aspek perbedaan anda.

5. Cepat dan kuat
Anda tidak sendirian, perbedaan atau manfaat produk yang anda tawarkan mungkin juga dimiliki pesaing anda.

Jadi tonjolkanlah perbedaan produk yang anda miliki.

 

 

(Dr. Lamrenta/AA/TML)