Apa Yang Harus Dilakukan Saat Target Tidak Tercapai

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Profesi sebagai seorang Marketing pastilah tidak jauh dari target penjualan, suatu jumlah penjualan yang harus dicapai dalam periode tertentu. Target dibuat untuk memacu seorang Marketing mengupayakan semaksimal mungkin seluruh potensi yang ada pada dirinya untuk mencapai target yang telah ditentukannya. Dalam hal ini tentulah ada saat-saat dimana target Anda tidak tercapai. Saat target tidak tercapai bukan berarti karir Anda telah berakhir atau Anda gagal. Justru ada langkah-langkah yang dapat Anda lakukan ketika target Anda tidak tercapai.

Langkah-langkah ini yang dapat Anda lakukan saat target tidak tercapai :

1.  Pastikan bahwa Anda telah berusaha maksimal untuk mengejar target Anda. Jikalau Anda telah mengupayakan secara maksimal usaha untuk mencapai target namun belum ada hasilnya berarti mungkin Anda perlu mengubah strategi. Yang jelas dalam hal ini Anda harus pastikan bahwa bukan karena kelalaian Anda atau kurang berusaha sehingga target Anda tidak tercapai.

2.    Temukan cara yang lain dari biasanya.
Saat Anda tahu bahwa target Anda tidak akan tercapai, saatnya Anda banting stir , mengubah secara drastis strategi yang sebelumnya Anda lakukan. Cobalah menggunakan cara-cara yang tidak biasanya, mungkin saja cara-cara yang unik dan sedikit tidak wajar. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan segala macam cara supaya target Anda dapat terkejar.

3.    Cari strategi yang baru sehingga kegagalan tidak terulang pada bulan berikutnya.
Anda harus selalu memandang jauh ke depan, jikalau target Anda tidak tercapai pada bulan ini maka Anda harus menyiapkan strategi baru sehingga hal itu tidak terulang pada bulan berikutnya. Buatlah planning yang rinci mengenai bagaimana Anda akan mencapai target Anda pada bulan-bulan berikut dan pastikan bahwa Anda dapat membayar kegagalan Anda sebelumnya pada bulan-bulan berikut.

4.    Tetap optimis bahwa Anda pasti akan berhasil.
Sepanjang Anda telah berusaha maksimal pastilah Anda akan mencapai target Anda berikutnya. Sikap tidak mudah menyerah dan tetap optimis bahwa Anda pasti akan berhasil haruslah tetap ada pada diri Anda sehingga Anda tetap dapat memiliki ide dan kreatifitas untuk menemukan strategi-strategi yang baru.

Dengan melakukan langkah-langkah ini diharapkan Anda tetap memiliki spirit yang sama untuk mengejar target Anda dan tidak menjadi lemah atau putus asa saat target Anda tidak tercapai.

 

 

(Indriani Vera/AA/TML)