Bagaimana Menjadi Sales Yang Baik

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Bagi suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa purna jual, maka ada dua bagian yang sangat penting.

a.bagian sales
b.bagian service

Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai sales, dimana sales menjadi tulang punggung dari perusahaan yang bergerak dalam purna jual. Oleh sebab itu maka perusahaan akan mencari sales yang tangguh dan memiliki prospek yang luas dan tentu saja bisa menghasilakan profit buat perusahaan.
Kita juga akan membahas mengenai mencari prospek. Prospek merupakan pintu yang pertama dari suatu keberhasilan/closing dalam penjualan, dan dalam mencari prospek kita membutuhkan ide yang luar biasa dan melihat dengan tajam kesempatan yang ada dalam suatu keadaan yang tidak menentu.

Untuk menjadi sales yang baik kita perlu membuat list/sumber dari prospek:

Berikut daftar sumber dari prospek
a.Dari telepon masuk
b.Referensi
c.Informasi dari majalah/surat kabar
d.Membeli jasa informasi bisnis
e.Ikut dalam suatu komunitas
f.Iklan di Koran.

Dari semua sumber prospek yang masuk maka kita perlu memperkuat sisi database kita, dimana semua data yang masuk kita input ke dalam database sehingga kita memiliki data dari setiap calon pembeli, dimana database nantinya bisa menjadi harta bagi penjual.

Ketika prospek sudah didapat  melalui point-point  diatas, maka kita masuk ke dalam tahap selanjutnya, dimana kita akan meminta waktu bertemu.  Hal  inipun  adalah waktu yang paling krusial, karena kalau dia menyukai akan produk kita maka barang akan langsung dipesan. Sedangkan sebaliknya,  kalau  dalam pertemuan tersebut pembeli tidak tertarik maka secara otomatis kemungkinan pembeli akan sangat jarang untuk membeli barang tersebut.
Oleh karena itu  untuk pertemuan ini kita harus tampil rapi sepenuhnya dan mengusai bahan presentasi. Sehingga kita harapkan dari pertemuan ini hasilnya adalah closing.

Demikian tips yang dibagikan, diharapkan dapat membantu para pembaca

 

 

(Jimmy Andreas/AA/TML)