Tips Menjadi Marketing Yang Handal dan Berhasil

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Sebuah perusahaan akan meraih keberhasilan jika produk dan jasa perusahaan tersebut banyak diminati. Dalam hal ini marketing memegang peranan yang penting, karena melalui marketing proses transaksi penjualan dapat terjadi. Income perusahaan yang besar juga datangnya dari keuntungan dari transaksi penjualan yang dilakukan, dan tentu saja tanpa mengabaikan kontribusi divisi lain. Anda harus tahu, bahwa tenaga marketing sering menjadi ujung tombak pada setiap perusahaan.

Memang tidak mudah menjadi seorang marketing karena cukup diandalkan oleh perusahaan. Anda dituntut untuk selalu menjual dan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Tapi hal tersebut juga tidak sulit, jikalau Anda menikmati apa yang Anda kerjakan.

Jika Anda ingin menjadi seorang marketing yang berhasil, tidak ada salahnya Anda mencoba tips-tips dibawah ini :

Jalin hubungan yang baik kepada siapapun dan dimanapun anda berada.

Semakin banyak jaringan Anda, maka akan semakin besar juga peluang Anda untuk memasarkan produk ataupun jasa perusahaan Anda. Dengan semakin banyak yang dapat Anda pasarkan, maka kesempatan terjadinya transaksi penjulanpun menjadi lebih besar.

Pelajari bisnis perusahaan secara detail 

Agar anda tidak merasa kesulitan saat ingin menjelaskan kepada klien mengenai produk dan jasa yang anda tawarkan, kenali secara detail produk ataupun jasa yang anda miliki. Kelebihan dari produk atau jasa yang akan Anda pasarkan harus diketahui secara jelas, supaya dengan mudah Anda dapat memberikan penjelasan kepada calon klien Anda. Selain itu, Anda juga harus mempelajari kondisi pasar atau sasaran produk Anda. Karena orang tidak hanya membeli produk atau jasa yang dibutuhkannya, tetapi juga yang diinginkannya.

Pasanglah target pribadi anda dalam penjualan

Dengan memasang target pribadi dalam penjualan, hal itu menolong Anda untuk tetap fokus dengan tujuan yang hendak Anda capai. Selain itu, menentukan sasaran atau pasar dengan tepat juga cukup berperan dalam memasarkan produk anda. Ketepatan dalam membidik sasaran bisnis cukup menentukan berhasil tidaknya penjualan anda.

Jika perlu, bawalah selalu brosur mengenai produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan di dalam tas Anda

Hal ini dilakukan agar saat orang yang anda temui membutuhkan, maka Anda bisa langsung memberikan dan menjelaskan produk ataupun jasa yang Anda miliki.

Sebagai seorang marketing, pastilah Anda harus mempercayai keunggulan produk atau jasa perusahaan Anda. Hal itu berguna supaya Anda bisa dengan yakin, semangat dan percaya diri menjelaskan keunggulan produk ataupun jasa yang anda tawarkan. Hal tersebut juga sangat membantu untuk membuat calon customer Anda yakin terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Yang lebih penting lagi adalah Anda harus kuat mental, sabar, bekerja keras, disiplin, konsisten, pantang menyerah, bersemangat, dan tetap lakukan yang terbaik. Karena keberhasilan tidak akan bisa Anda raih bila Anda tidak pernah berusaha untuk mewujudkannya.

 

 

(Dwi Fangfang/AA/TML)