Kiat – Kiat “Making Appoinment’

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Dalam dunia marketing, ada banyak cara untuk melakukan prospek kepada calon klien dan salah satunya yang mungkin sudah pernah atau biasa kita lakukan, yaitu membuat janji bertemu (making appointment). Namun, bagaimana cara atau kiat jitu yang bisa membuat janji bertemu dengan calon klien Anda??? Berikut jawabannya atau langkah – langkah yang harus Anda ketahui :

Tujuan membuat janji bertemu adalah:

• Mendapatkan janji bertemu supaya Anda bisa menjelaskan bisnis ini secara menyeluruh, tidak sepotong-sepotong
• Membangun jaringan dengan pendekatan yang profesional, efektif, dan efisien.

Keuntungan Membuat Janji :

• Menghemat waktu Anda
• Mengetahui apakah prospek Anda dalam kondisi siap menerima Anda atau tidak.

Berikut ini adalah teknis bagaimana membuat janji untuk Presentasi Produk atau Introduction Product, yaitu dengan cara mengundang prospek Anda datang ke kantor atau tempat usaha Anda. Namun, bagi Anda yang baru memulai usaha atau baru berkecimpung sebagai marketing dan berada di perusahaan baru, kami sangat menganjurkan Anda untuk mengadakan presentasi produk dengan dibantu oleh sponsor atau upline atau supervisor Anda yang lebih mengerti dan berpengalaman dalam melakukan presentasi.

Persiapan Membuat Janji

Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum membuat janji:

• Mintalah waktu kepada sponsor atau upline atau supervisor Anda untuk membantu Anda melakukan presentasi

• Siapkan daftar nama yang panjang, konsultasikan kepada sponsor atau upline atau supervisor Anda siapa saja dalam daftar nama Anda tersebut yang menjadi prioritas utama untuk diundang sehingga sasarannya tepat.

• Miliki SIKAP yang benar dalam membuat janji bertemu atau rnengundang prospek Anda. Anda adalah “pemberi peluang”, jadi jangan mengemis kepada prospek Anda sehingga dapat membuat prospek Anda melihat bahwa sesuatu yang Anda tawarkan memiliki nilai yang mahal. Anda perlu sadar bahwa jika mereka mengambil kesempatan tersebut dan sukses, merekalah yang akan berterima kasih kepada Anda.

• Gunakan telepon saat membuat janji. Selain menghemat waktu, Anda juga bisa mempersiapkan terlebih dahulu kata-kata apa yang akan Anda ucapkan pada prospek Anda.

• Pada waktu mengundang prospek, jangan terlalu memberikan penjelasan yang panjang lebar, cukup poin – poin yang menjual saja sehingga itu dapat membuat prospek yang Anda undang menjadi penasaran atau ingin tahu dan mereka akan berusaha menyempatkan waktu untuk menghadiri undangan Anda.

Langkah-langkah Membuat Janji

1. ICE BREAKING/PEMBUKAAN PEMBICARAAN

Pada saat Anda membuat janji dengan prospek Anda, biasanya kita mengawali pembicaraan adalah basa-basi. Lakukan pembukaan tersebut dengan singkat, jangan berkepanjangan dan dengan gaya bicara yang ramah sehingga prospek Anda senang atau tertarik mendengarkan maksud dan tujuan Anda menghubunginya.

2. BICARA SINGKAT

Ciptakan keterbatasan waktu pada saat Anda membuat janji. Berikan kesan bahwa Anda tidak bisa berlama-lama menelpon. Alasan bicara singkat ini untuk menghindari pertanyaan-pertanyaan yang memaksa Anda mcnjelaskan usaha ini lewat telepon.

3. MINTA WAKTU LUANG PROSPEK ANDA

Sebelurn mengundang prospek Anda, pastikan prospek Anda tidak memiliki acara pada hari yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Tanyakan apakah prospek Anda sibuk di waktu pertama. Jika sibuk, baru tawarkan waktu kedua. Jika masih tidak bisa, akhiri pembicaraan dan jangan tawarkan waktu yang lain karena akan menimbulkan kesan Anda terlalu membutuhkan dia.

4. UNDANG PROSPEK ANDA

Jika mereka telah menyatakan tidak ada acara, undang prospek Anda dengan mengatakan bahwa acara ini sangat bermaanfaat dan memberikan peluang bisnis yang bagus bagi mereka

5. JAWAB PERTANYAAN DENGAN DIAKHIRI PERTANYAAN

Jika ada pertanyaan atau perrnintaan untuk menjelaskan usaha ini, jangan terpancing untuk menjelaskan. Ingat, usaha ini tidak dapat dijelaskan hanya sebagian, apalagi melalui telepon. Informasi yang tidak lengkap hanya membuat prospek Anda salah menilai usaha ini. Jawab pertanyaan dengan singkat dan akhiri dengan pertanyaan.

6. KONFIRMASI

Jika prospek Anda telah mengatakan bersedia untuk hadir, ingatlah untuk melakukan konfirmasi. Konfirmasi ini penting dilakukan untuk memberi penekanan kepada prospek Anda bahwa acara tersebut sangat penting, sehingga jika prospek Anda ingin membatalkan, dia harus menghubungi Anda.

Beberapa Catatan Penting Dalam Membuat Janji Bertemu

• Undang pasangan mereka bila mereka sudah memiliki pasangan (istri, suami, atau pacar). Tujuannya agar mereka memiliki informasi yang benar dari sumber yang tepat, yaitu Anda.

• Undang 2 atau 3 kali lipat lebih banyak dari jumlah yang Anda harapkan akan hadir. Contoh, jika Anda mengharapkan presentasi dikantor Anda dihadiri kira-kira 10 orang, undang 20 atau 30 orang yang mengatakan bersedia untuk hadir.

• Konfirmasi untuk datang tepat waktu: “Pak, jika pukul 17.15 Bapak belum sampai, tolong telepon saya dulu.” Jangan sampai prospek Anda datang hanya melihat sebagian presentasi.

• Gunakan bahasa sehari-hari yang biasa Anda gunakan jika membuat janji dengan teman atau rekan yang selevel dengan Anda, jangan terlalu kaku dan gunakan bahasa yang santun kepada prospek yang berkelas menengah atas sehingga membuat prospek Anda merasa terhormat dan menghargai undangan Anda.

• Anda harus mengembangkan cara membuat janji dengan krcatifitas Anda, namun kami sarankan untuk selalu berkonsultasi dengan sponsor atau upline Anda, hanya untuk memastikan apakah cara Anda bisa diduplikasi atau tidak sesuai dengan bisnis yang sedang Anda jalani.

 

 

(Friska Carolina/AA/TML)