Bagaimana Membuat Target Yang Tepat Untuk Tim Anda

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Dunia marketing tidak akan lepas dari target. Target akan memacu Anda untuk mengusahakan segala kemampuan dan tenaga untuk dapat mencapai apa yang telah Anda tetapkan dan rencanakan. Sebuah target haruslah disesuaikan dengan kemampuan Anda, dalam hal ini sebuah target harus dapat mengembangkan seluruh potensi yang Anda miliki baik secara pribadi maupun secara tim. Target yang tepat adalah target yang dapat memaksimalkan seluruh potensi ang ada pada Anda , tentu saja tidak terlalu rendah ataupun terlalu tingi sehingga sepertinya itu mustahil untuk dicapai.

Setiap orang pasti punya target apa yang harus dia capai dalam hidupnya. Besar ataupun kecil target setiap orang pastilah berbeda. Keberhasilan seseorang sebenarnya tergantung dari seberapa besar target yang hendak ia capai. Begitu pula dalam dunia marketing, sebagai Team Leader, Anda  harus dapat menentukan taret yang paling tepat yang akan diraih oleh tim Anda dimana target tersebut haruslah dapat mengembangkan semua potensi yang dimiliki oleh Team Anda secara keseluruhan. Dalam hal ini setiap anggota Team dan Anda sebagai Leader harus dapat bekerja sama dan saling mendukung sehingga target dapat tercapai. Ketika Anda menentukan target, Anda harus tahu seberapa potensi Team secara keseluruhan. Bagaimana kemampuan setiap anggota Team dan seberapa maksimal yang dapat dikerjakan setiap orang. Target yang terlalu kecil tidak akan mengembangkan diri Anda. Sepertinya memang kinerja kerja Anda kelihatan bagus karena target Anda tercapai tetapi sebenarnya secara pengembangan potensi yang Anda miliki, belum dilakukan dengan maksimal. Begitu pula target yang terlalu besar dapat menimbulkan secara keseluruhan Team tidak akan mencapai apa yang ditentukan. Kalau target Anda terlalu tinggi , sepertinya apa yang Anda akan lakukan , semaksimal apapun sepertinya tidak ada hasilnya. Target yang tepat adalah yang dapat membuat seluruh potensi pada Anda dan Team Anda dimaksimalkan , sehingga Anda tahu benar bahwa setiap hasil yang dicapai adalah merupakan bukti dari kerja keras dan usaha Anda itu bersama Team secara keseluruhan.

Pada saat menentukan target,  Anda dapat melihat selain potensi yang Anda miliki juga bagaimana Anda dapat mencapainya. Sumber-sumber yang akan Anda kejar untuk dapat meraih target Anda. Target jangan yang begitu jauh sehingga Anda juga tidak tahu bagaimana cara meraihnya. Ketika Anda menetapkan sebuah target, Anda juga harus tahu bagaimana untuk mencapainya, langkah2 apa yang Anda akan lakukan untuk mencapai target tersebut secara mendetail. Bahkan Anda dapat membuat secara rinci alternatif usaha yang Anda akan lakukan jikalau planning yang Anda sudah rencanakan tidak tercapai. Ada plan A, plan B dan seterusnya sehingga target Anda dapat tetap terealisasi apapun yang terjadi.

Selamat membuat target dan salam sukses !!

 

 

(Indriani Vera/AA/TML)