Sukses dan Gagal Seorang Marketing

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – “SUKSES dan GAGAL”, merupakan dua kata yang berlawanan atau kontradiksi dalam diri kita. Sukses adalah kata yang paling diinginkan setiap orang untuk meraih imipian dalam hidupnya. Sedangkan Gagal kata yang paling ditakuti dan sangat tidak diharapkan oleh setiap orang karena pastinya tidak ada yang mau gagal.

Kenyataannya, siapa sih yang tidak pernah gagal? Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan. Entah kegagalan dalam hubungan percintaan, pekerjaan, bisnis, atau hal-hal sepele yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang hebat dan terkenal sukses sekalipun pasti pernah mengalami apa yang namanya kegagalan. Namun, bagaimana orang sukses yang pernah gagal itu dapat menjadi sukses??? Inilah yang harus kita ketahui, apa yang menjadi kunci kesuksesan mereka dan apa penyebab kegagalan mereka.

Bila kadar kegagalannya masih kelas ringan, mungkin banyak yang berhasil dengan mulus melewati kegagalan tersebut. Namun sebaliknya, bila kegagalannya sangat fatal, kita sering temui banyak yang merasa tidak sanggup menerima dan menghadapinya atau menjadikan kegagalan itu sebagai cambuk untuk mencapai sukses. Tetapi, lebih banyak mereka yang menyerah dan pesimis dengan memandang kegagalan menjadi akhir dari sebuah drama kehidupannya.
Namun ironisnya juga, banyak orang yang sudah sukses mengalami kegagalan hanya karena selalu dihinggapi perasaan takut gagal. Sebaliknya, banyak orang yang secara kemampuan biasa saja, tetapi bisa sukses berkat kepercayaan diri dan yang paling penting, orang itu tidak takut gagal.

MENGAPA SEORANG MARKETING GAGAL ???

Dalam sebuah buku, karya Robert Allen dan Max Victor Hansen, disebutkan bahwa salah satu kunci sukses adalah memiliki mimpi.
Dream(s) adalah mimpi, tujuan, cita-cita, harapan yang ingin kita capai. Lihatlah siapa yang sudah berhasil di bidang yang Anda inginkan! Pelajari cara mereka mencapai impiannya karena sukses meninggalkan jejak, pasti ada cara mengikuti jejak mereka!

Cuma sayangnya, kebanyakan orang berhenti di tingkat dream, hanya bermimpi!! Seorang pemimpi hanya bisa berkata “Andai aku punya …. ” atau ” Andai aku bisa ….” and that’s it! Tidak pernah ada rencana, apalagi action untyk mewujudkan mimpi tersebut. Sehingga tidak heran kenapa banyak orang gagal! Tanpa bermaksud menyinggung siapapun, tapi memang begitulah kenyataan yang ada. Namun ingatlah, hidup cuma sekali…manfaatkan sebaik-baiknya!!! Jadi kejarlah mimpi Anda dengan keyakinan dan kerja keras, Anda pasi bisa!!!

BAGAIMANA SEORANG MARKETING MENJADI SUKSES ???

Sukses, apakah artinya mempunyai finansial yang banyak? Jabatan yang tinggi, biar orang menghormati kita? Atau mungkin memiliki rumah besar misalnya, rumah tingkat 3 dan mobil mewah berjajar 3 dihalaman garasi rumah kita? Tapi kita tidak dapat menikmati semuanya.
Kenapa? Karena kita hanya bekerja dan terus bekerja dari hari senin sampai hari jum’at, bahkan sabtu memikirkan pekerjaan di kantor dan hari minggu, kita memikirkan hari senin dan seterusnya. Sebenarnya itu tidak boleh terjadi pada diri kita.

Sukses menurut William A. Ward adalah: “Seseorang yang sukses adalah orang yang memutuskan untuk sukses dan kemudian mengerjakannya”.
Sukses yang sesungguhnya adalah sukses yang sukses. Artinya, kita dapat menikmati itu semua, “Free Money and Free Time” atau Bebas Uang dan Bebas Waktu.
Sebenarnya apa yang menjadi tolak ukur sukses tidaknya seorang marketing? Jawabannya sederhana, jika seorang marketing bisa mencapai target dan menghasilkan income yang sangat besar, maka dia tergolong ke dalam kategori marketing yang berhasil. Apa sesederhana itu? Tentu saja, hanya yang menjadi masalah adalah proses untuk mencapai ‘Target’ dan menghasilkan ‘Income’ itu tidak mudah dan justru sangat sulit. Sebaliknya sekali kita berhasil melakukannya itu bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Perlu diingat, kunci nya ada pada PROSES-nya. Anda harus kuat untuk bertahan dan berpikir lebih banyak saat menghadapi proses ini, karena proses inilah yang menjadi penentu sampai atau tidaknya Anda kepada tujuan akhir Anda sebagai seorang Marketing yang sukses.

Ada 4 hal yang yang menjadi perbedaan dasar antara marketing yang sukses dan gagal dalam melalui proses ini:
1. Belajar
Belajar menjadi fundamental yang harus dipenuhi oleh seorang marketing, bahkan dalam bidang apapun yang ada di dunia ini membutuhkan ‘belajar’ untuk bisa mencapai kesuksesan. Jika sebagai marketing, anda tidak mau melewati proses yang satu ini, dapat dipastikan 99% Anda akan gagal.

2. Waktu

Kenapa waktu? Fakta yang ada : seorang marketing yang berhasil mau belajar dan bekerja lebih lama setiap harinya dibanding marketing yang gagal dan mudah mengeluh. Waktu adalah komitmen yang harus anda penuhi jika anda ingin berhasil dan ini tidak bisa tidak. Begitu anda memilih marketing untuk mencapai kesuksesan karir Anda, maka anda harus siap mengorbankan sebagian waktu dalam hidup anda untuk menjalani karir Anda itu. Komitmen lainnya terhadap waktu adalah anda harus siap mencoba dan mencoba terus sampai kapanpun, menggunakan waktu yang ada dengan baik.

3. Mental

Hal lain yang sangat menentukan berhasil tidaknya anda dalam dunia marketing adalah seberapa kuat MENTAL anda menghadapi tantangan dan pesaing Anda. Sebagian besar marketing pemula kehilangan uang mereka kemudian mengeluh dan mencari kesalahan senior mereka. Selanjutnya mereka berhenti berusaha dan mengatakan kepada teman-teman mereka bahwa marketing adalah bisnis yang sulit dan tidak ada yang berhasil. Anda harus membangun mental Anda menjadi sebuah baja yang tahan banting yang siap menghadapi tantangan apapun dalam dunia marketing…apapun itu, Anda harus siap menghadapinya, termasuk kegagalan dan kehilangan uang anda. Kenapa? Karena itulah bagian dari PROSES yang harus anda lewati untuk mencapai tujuan anda. Tidak ada pebisnis yang sukses dengan mental pecundang dan suka mengeluh, semua entrepreuner sukses membangun kekayaan mereka dari kegagalan dan keterpurukan yang pernah mereka alami sebelumnya. OK, sekarang siapkah anda melatih diri anda agar memiliki mental pemberani dan tidak pernah menyalahkan siapapun atas kegagalan anda? karena satu-satunya orang yang bertanggung jawab atas kegagalan dan kesuksesan anda adalah diri anda sendiri.

4. Kerja Keras

Sukses dapat diraih juga melalui kerja keras. Hal yang harus Anda lakukan adalah memperbanyak usaha atau kerja keras, sekalipun itu memerlukan banyak pengorbanan. Namun, jika anda selalu berusaha, tidak ada kata berhenti dan tidak kenal menyerah, cepat atau lambat Anda pasti akan berhasi. Usaha atau kerja keras Anda tidak akan pernah menjadi sia-sia, tapi akan membuahkan hasil yang maksimal.

JADI, ANDA MARKETING YANG SUKSES ATAU GAGAL ???
Jawabannya, hanya ada pada diri kita sendiri. Mari kita instropeksi diri, bangkit kembali dan optimis menjadi orang yang sukses, orang yang merdeka dari kegagalan.
(Friska Carolina/AA/TML)