Sucessful Global branding

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Telah dilaksanakan sebuah seminar setengah hari oleh Antara yang bertema “Successful corporate branding globally” di Wisma Antara, Jakarta. Artikel ini akan membahas mengenai Sucessful Global branding yang disampaikan oleh Collen Pizarev selaku vice predisent international distribution PR Newswire.

Program komunikasi global yang sukses mencakup strategi sebuah perusahaan menggabungkan berbagai macam pendekatan seperti pratik PR tradisional, media baru dan lokalisasi guna meraih tujuan komunikasi. Besarnya perusahaan dan tingkat dana yang dianggarkan tidaklah penting. Kreativitas adalah elemen kunci bagi kesuksesan untuk meraih konsumen yang lebih luas.

Karakteristik umum dari corporate branding yang sukses, antara lain: anggaran yang terbatas, iklan ditujukan bagi target pasar yang spesifik, pengertian yang mendalam mengenai komposisi target pasar dan perilaku konsumsi mereka, komunikasi internal yang sukses, isi pesan yang terlokalisasi, dukungan lokal, koordinasi global dan keinginan untuk mencoba hal yang berbeda.

Salah satu perusahaan yang sangat sukses dalam dunia PR adalah Quadrem. Quadrem adalah sebuah perusahaan e-business yang menyediakan solusi bisnis yang menghubungkan para pembeli dan supplier untuk memaksimalisasi efisiensi supply chain. Ia melakukannya melalui sebuah misi “meningkat secara global melalui tingkat budget yang minimalis”.

Quadrem berbasis di Texas, USA dan diperkenalkan di tahun 2000. Perusahaan ini selalu menikmati pertumbuhan tahunan sebesar 18% sampai dengan 50% dari pendapatan mereka. Tantangan yang dihadapi perusahaan ini adalah menciptakan eksistensi merk secara global, generasi kepemimpinan secara global serta cakupan media yang luas. Struktur organisasi pemasaran mereka terdiri dari tim pemasaran yang berada di USA, agen retail yang berpusat di Boston serta tiga konsultan internasional (Chili, Afrika Selatan dan Australia.

Strategi PR yang dilakukan oleh Quadrem, antara lain : memperluas cakupan lokal, bekerjasama dengan konsumen serta membangun partner yang lebih luas dengan media, mengambil keuntungan dari iklan, serta menggunakan media search engine optimization dan keyword density result.

Salah satu kesuksesan dari yang diciptakan oleh Quadrem adalah perusahaan ini dapat berfokus pada banyak negara dibandingkan sebelumnya, tingkat penjualan yang meningkat serta mengoptimalisasi pergerakan berita mereka didalam dunia online.

 

 

(Permata Wulandari/AA/TML)