Cara IBM Mengelola Orang-orang Kreatif

(The Manager’s Lounge – Strategic), Orang-orang kreatif adalah asset dalam perusahaan. Namun, untuk mengelola orang-orang kreatif membutuhkan keterampilan tersendiri. John Kelly adalah salah satu orang yang dapat melakukannya.

Charles Warner, seorang konsultan yang juga menulis buku “How to Manage Creative People” mengungkapkan bahwa untuk melibatkan orang dalam sebuah peran kreatif, dan memberlakukan agenda inovasi baru, maka pastikan untuk menerima input-input yang berasal dari mereka.

John Kelly, director of research IBM, mempunyai tim global yang terdiri dari 3,200 orang ilmuwan dan peneliti. Bagaimana caranya untuk menggiring mereka ke arah yang sama dengannya? Warner mengungkapkan beberapa cara sebagai berikut:

Pertama, Kelly tidak mengambil keputusan secara terburu-buru. Beberapa bulan dihabiskan Kelly untuk mengunjungi delapan laboraturium IBM di seluruh penjuru dunia dan memperoleh input-input dari orang-orang yang memang diandalkannya dalam hal inovasi.

Kedua, John Kelly memahami proses kreatif ini. Dengan pengalamannya berkecimpung selama 27 tahun di IBM, tentunya ia memahami budaya organisasi dengan baik. Dengan pengalamannya baik dalam hal manajemen maupun teknikal, tentunya ia paham bahwa orang yang kreatif memiliki perbedaan tersendiri.

Menurut Warner, orang tipe kreatif lebih tertarik dengan kepuasan intrinsic dalam pekerjaan mereka. Mereka mencintai pekerjaannya dan berusaha untuk mencari pekerjaan yang menarik, menstimulasi serta menantang bagi mereka

Hal itulah yang berusaha diaplikasikan oleh Google. Google menerapkan bottom up innovation dimana karyawan bisa menciptakan inovasi karya mereka sendiri. Karyawan Google menghabiskan sekitar 20% waktu mereka untuk melakukan proyek yang inovatif sesuai dengan pilihan mereka.

Orang-orang kreatif ini umumnya adalah self-motivator. Sehingga hal ini menjadi tantangan bagi pemimpin untuk menyediakan lingkungan yang bisa membuat karyawan tipe ini berkembang. Sehingga mereka bisa termotivasi untuk bekerja dengan baik.

John Kelly, yang memahami sejarah dan budaya IBM dengan baik, mengetahui bahwa pujian berfungsi lebih baik dibandingkan dengan kritik. Ia menyelenggarakan rapat dan menganggap bahwa semua input adalah penting. Ia mengedepankan open communication.

Kesimpulan
Perlu keterampilan tersendiri untuk mengelola orang-orang kreatif. IBM melakukannya dengan baik dengan menyediakan lingkungan yang memungkinkan mereka untuk berkembang. Input yang dihargai, proyek yang menarik dan menantang, serta terbukanya komunikasi menjanjikan karyawan untuk tetap termotivasi dan berinovasi dengan baik.

(Rinella Putri/RF/TML)